Saturday 25 June 2016

Puding Roti Tawar Kukus

voilaaa....puding roti tawar buatan sendiri

Sebenarnya sih saya bukan penggemar berat dari bread pudding alias puding roti tawar, sampai merasa harus bisa membuatnya sendiri. Percobaan membuat puding roti tawar ini berawal dari keisengan membeli buku resep khusus puding dan agar-agar. Dibuka-buka, kemudian tertarik dengan foto bread pudding yang ada di buku tersebut. Fotonya terlihat enak dan mudah dibuat (ke-sotoy-an saya). Tertarik dengan fotonya, baru kemudian membaca resepnya. Ternyata harus dipanggang menggunakan oven, sementara saya sendiri belum ada ovennya.

Tidak bisa panggang, maka mengukuspun jadi. Kemudian gugling resep puding roti tawar kukus yang foto hasil akhirnya mirip seperti di foto buku resep. Dapat resep disini, yang kemudian saya buat dengan sedikit penyesuaian.
Bahan :
5 lembar roti tawar tanpa pinggiran, potong-potong
300 ml susu putih cair (saya pakai susu ultra low fat hi calcium putih)
3 butir telur ayam
50 gram gula pasir
30 gram margarin
¼ sendok teh vanili bubuk
Choco chips sesukanya

Cara Membuat :
  1. Rebus susu putih cair, vanilli, dan gula menjadi satu dalam satu wadah. Aduk hingga larut gulanya. Sembari menunggu gula larut, siapkan telur dan margarin kocok menjadi satu di wadah yang berbeda.
  2.  Masukkan potongan roti tawar ke dalam adonan rebusan susu tadi sampai benar-benar hancur dan merata lembutnya. 
  3. Campurkan adonan telur dan margarin yang sudah dikocok ke dalam adonan rebusan susu yang telah diberi roti tawar.
  4. Siapkan loyang atau wadah yang sesuai selera. Saya menggunakan wadah aluminium foil bulat diameter 8cm. Adonan dimasukkan kira-kira ¾ wadah.
  5. Proses pematangannya saya bagi menjadi dua. Sebagian saya kukus dengan panci kukusan biasa. Sebagian lagi saya matangkan dengan rice cooker (dengan teknik au bain marie ala ala).
  6. Untuk puding yang dimasak dengan rice cooker, masukkan air hingga wadah aluminium foil terendam setengahnya. Tujuannya agar puding tetap moist tetapi muncratan dari air yang mendidih tidak sampai masuk ke dalam wadah. Masak dalam mode ‘cook’
  7. Kukus selama 5 menit, baik untuk di panci maupun di rice cooker. Setelah itu keluarkan dari kukusan. Hati-hati dengan uap panasnya (terutama untuk di rice cooker).
  8. Taburi dengan choco cips sesukanya. Lanjutkan kukus selama 30 menit atau hingga ‘cook’ mode berubah menjadi ‘warm’ mode pada rice cooker.
  9. Keluarkan dari kukusan, tunggu hingga hilang uap panasnya, masukkan ke dalam lemari es jika lebih suka puding dingin.

Rasa dan tekstur dari kedua jenis puding roti tawar ini hampir mirip, secara tampilan pun demikian. Puding yang menggunakan kukusan, hasil jadinya lebih mengembang ketika baru matang daripada yang menggunakan rice cooker. Tapi setelah suhunya turun, pudingnya mengempis seukuran sama dengan puding rice cooker. Saya pribadi lebih suka puding roti tawar yang dingin. Rasanya lebih segar. Permukaan pudingnya keras (sedikit crunchy), dengan isian yang lembut.


Selamat mencoba :)

Tekstur puding yang masih hangat

No comments:

Post a Comment