Friday 19 October 2018

Boterkoek Pandan

East meet west in a bite

Rasa ingin tahu anak besar yang berbanding lurus dengan pertambahan umurnya, membuat belakangan anak besar selalu ingin terlibat dalam hampir setiap kegiatan yang saya lakukan. Baking adalah salah satunya. Dia selalu terlihat bersenang-senang setiap membantu saya membuat kue, sayapun menggunakan kegiatan tersebut sebagai salah satu ajang melatih kesabaran saya. Meskipun untuk itu saya kesulitan untuk membuat foto dan catatan yang layak untuk diunggah ke media sosial. Tapi saya harap perasaan senang menghabiskan waktu bersama akan selalu ada di alam bawah sadarnya sampai dia tua nanti.


Dua almond ditabur, tiga almond masuk mulut

Bahan-bahan dan peralatan yang simpel serta praktis dalam proses pembuatan merupakan dua hal yang menjadi syarat mutlak dalam kegiatan baking bersama anak besar. Pilihan saya kali ini jatuh pada kue Boterkoek dengan campuran pandan yang Indonesia banget.

Boterkoek atau Dutch Buttercake atau Lekker Holland merupakan butter cake khas dari Belanda. Kue ini termasuk kue yang padat berlemak (mentega) dengan cita rasa yang manis. Memiliki tekstur antara cake dan cookies, lembut dan garing menjadi satu ketika digigit.

Penampang kue ketika dipotong. Garing krenyes dan lembut

Resep boterkoek kali ini saya ambil dari cookpadnya CikTintin, dengan sedikit penyesuaian. Terutama pada takaran gula, karena kami bukan penggemar makanan manis. Meskipun sebenarnya ciri khas buterkoek ini pada rasanya yang manis.


Berikut adalah cara membuatnya :

Bahan-bahan :

Bahan A :
100 gram mentega tawar suhu ruang (saya pakai merek Anchor)
100 gram margarine (saya pakai Blue Band Master)
60 gram gula pasir halus (gula pasir biasa, saya blender sampai halus karena dirumah tidak ada persediaan gula pasir halus)
1 butir telur ayam segar

Bahan B:
250 gram terigu protein rendah (saya pakai Tepung Kunci, diayak)
1 sdt Pasta pandan

Bahan tambahan :
Kuning telur (kocok lepas, untuk olesan)
Almond dan chocochips (taburan)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven, 180° C
  2. Siapkan loyang 20 x 20 cm, alasi kertas roti. Olesi pinggir samping dengan margarin.
  3. Mikser dengan kecepatan tinggi bahan A sampai mengembang pucat (fluffy).
  4. Masukkan pasta pandan, mikser asal rata.
  5. Masukkan terigu ke bahan A, aduk rata dengan spatula.
  6. Tuang kedalam loyang, kerat-kerat permukaannya dengan garpu. Kemudian oles permukaannya dengan kuning telur. Taburi almond dan chocochips.
  7. Panggang selama  35 menit dengan api bawah (lakukan tes tusuk, tusuk gigi keluar mulus artinya sudah matang ya). Kemudian panggang 10 menit dengan api atas atau sampai permukaannya kecoklatan. Untuk catatan, lama pemanggangan disesuaikan dengan oven masing-masing.
Tampak atas yang kebanyakan almond, hasil karya anak besar



No comments:

Post a Comment